5 Cara Memperluas Jangkauan Wifi, Ampuh dan Berhasil!

Memperluas jangkauan Wifi biasanya dilakukan saat sinyal yang dipancarkan tidak begitu jauh. Adapun cara memperluas jangkauan wifi ini sangat banyak macamnya. Dengan memperluas jangkauan Wifi yang digunakan baik di rumah ataupun suatu perusahaan, akan sangat bermanfaat.

Karena jika jangkauan Wifi ini terlalu kecil, maka tidak semua penghuni di suatu rumah atau perusahaan tersebut dapat mengakses Wifi yang tersedia. Ada banyak cara yang dapat dilakukan saat ingin memperluas jaringan Wifi.

Walau mungkin Wifi tersebut ada batas jangkauannya, bukan hal yang mustahil untuk dapat membuat batas tersebut menjadi terlampaui. Berikut 5 cara memperluas jangkauan Wifi yang dapat dicoba:

1. Meletakkan Router di Tengah Ruangan

Untuk memperluas jangkauan Wifi, dapat dilakukan dengan cara meletakkan router di tengah ruangan. Hal ini dikarenakan, router yang bertugas mentransmisikan informasi dari satu jaringan ke jaringan lain akan bekerja lebih baik jika terletak di pusat ruangan.

Jarak antara router terhadap sudut-sudut ruangan akan sama. Sehingga, ketika router bekerja mengatur lalu lintas jaringan, data yang diantarkan juga akan lebih merata antara IP satu dengan yang lainnya.

Selain itu, di tengah ruangan biasanya juga merupakan tempat yang cukup luas, dan tidak banyak terdapat benda-benda lain. Untuk meletakkan router ini perlu diperhatikan dengan baik.

2. Meletakkan Router di Tempat yang Agak Tinggi

Selain dengan meletakkan router di tengah ruangan, meletakkan router di tempat yang agak tinggi juga dapat dijadikan sebagai cara untuk memperluas jangkauan Wifi. Contoh tempat tinggi yang bisa dijadikan untuk meletakkan router yaitu di atas lemari.

Namun, pastikan juga agar router tidak terhalang benda-benda lain. Agar pancaran router dapat meluas dan tidak tersendat.

3. Meletakkan Router Jauh dari Benda-benda di Rumah

Router yang terhalang oleh benda-benda, biasanya akan terganggu fungsinya. Hal ini disebabkan oleh arus lalu lintas jaringan yang tidak baik.

Diumpamakan saja seperti pada jalan raya. Jika di tengah jalan raya ini tidak ada mobil mogok, maka lalu lintas akan berjalan dengan lancar.

Sama seperti router yang terhalang oleh benda-benda. Maka pancaran dari router tidak akan semulus, bila tempat router bebas dari banyak benda.

4. Menghindarkan Router dari Perangkat Elektronika Lain yang Memancarkan Gelombang Elektromagnetik

Beberapa perangkat atau peralatan elektronik, biasanya memancarkan gelombang elektromagnetik. Gelombang yang dipancarkan oleh perangkat lain ini, dipercaya mengganggu kinerja router.

Beberapa alat elektronik yang dapat memancarkan gelombang elektromagnetik dan dapat mengganggu kinerja router dalam menjalankan tugasnya. Berikut beberapa diantaranya:

  • Telepon nirkabel
  • Microwave
  • Radio
  • Ponsel

5. Menggunakan Perangkat Tambahan Seperti Wifi Extender

Wifi extender merupakan jenis perangkat keras, yang dapat mendukung perluasan jangkauan Wifi secara fisik melalui kabel. Cara Wifi extender ini bekerja adalah dengan menyalurkan ulang sinyal yang diterima, untuk kemudian diproses oleh router utama ke seluruh ruangan.

Bukan hanya memperluas jangkauan Wifi saja, Wifi extender juga dapat memberikan kecepatan internet yang merata kepada seluruh user di dalam jangkauannya. Wifi Extender ini telah banyak digunakan

5 cara memperluas jangkauan Wifi di atas dapat dicoba dan diterapkan, jika jangkauan Wifi di rumah atau perusahaan tidak memancar dengan cukup baik. Selain dari 5 cara di atas, gunakan juga provider serta paket data terbaik yang berlaku di lokasi dipasangnya Wifi.

Dan jangan lupa untuk selalu mengecek kesehatan perangkat Wifi, agar kemampuan Wifi dalam bekerja dapat dilakukan secara maksimal. Sangat mudah bukan untuk memperluas jangkauan wifi?