Cara Mengatasi Paket Bronet Axis Tidak Bisa Digunakan Termudah

Salah satu paket internet yang banyak digunakan di Indonesia adalah bronet axis yang merupakan produk dari PT XL Axiata. Namun, sering mengalami gangguan sehingga harus paham cara mengatasi paket bronet axis tidak bisa digunakan sama sekali.

Simak penjelasan di bawah ini, agar sudah paham apabila mengalami masalah tersebut dan bisa mengatasinya sendiri. Sehingga tidak langsung panik dan buru-buru pergi ke tempat service handphone.

Cara Mengatasi Paket Bronet Axis Tidak Bisa Digunakan

Setiap provider memiliki cara berbeda untuk bisa mengatasi masalah gangguan jaringan pada paket internet. Perhatikan tips berikut untuk mengatasi paket internet bronet axis yang tidak bisa dipakai tanpa menggunakan aplikasi tambahan:

1. Mengecek Pengaturan Handphone

Cara pertama yang bisa digunakan untuk mengatasi paket internet yang tidak bisa digunakan adalah mengecek pengaturan handphone. Berikut langkahnya:

  • Bukalah pengaturan/setting pada ponsel.
  • Pilihlah opsi menu jaringan seluler.
  • Kemudian buka APN.
  • Lalu tekan tanda (+) untuk menambahkan APN baru.
  • Selajutnya atur APN Axis default seperti dibawah ini:

APN: Axis

User name: Axis

Password: 123456

  • Setelah itu, klik simpan.

2. Memanfaatkan Fitur Mode Pesawat

Langkah paling mudah untuk mengatasi masalah internet Axis yang tidak bisa dipakai adalah menekan icon pesawat pada ponsel. Tunggulah beberapa detik, kemudian hidupkan kembali dengan cara menekan icon tersebut lagi.

3. Mengecek Kuota Paket Bronet Axis

Jika kedua cara di atas sudah dilakukan, tetapi paket internet tetap tidak bisa digunakan maka coba periksalah kuotanya. Mengecek kuota bertujuan, agar mengetahui paket bronet Axis tidak bisa digunakan karena sedang ada gangguan atau habis kuota. Terdapat dua cara yang dapat dipakai untuk melakukan pengecekan kuota yakni:

  • Menggunakan aplikasi Axis. Caranya adalah buka aplikasi Axis, lalu sisa kuota akan muncul di halaman awal ketika membuka aplikasi.
  • Menggunakan kode dial. Cara kedua untuk mengecek kuota Axis adalah ketik *123*73# pada dial ponsel. Selanjutnya, pilih opsi cek kuota setelah menekan tombol tersebut.

Penyebab Paket Bronet Axis Tidak Bisa Digunakan

Browsing dan aktivitas digital lainnya bisa terganggu apabila tiba-tiba paket internet terputus dan tidak bisa digunakan lagi. Ada banyak alasan yang menjadi penyebab mengapa masalah tersebut bisa terjadi, contohnya pada paket bronet Axis berikut ini:

1. Paket Kuota Bronet Axis Telah Digunakan Seluruhnya

Penyebab yang paling umum terjadi adalah paket internet telah habis namun tidak menyadarinya, sehingga jaringan internet pun terhenti. Ini hanya berlaku apabila paket internet yang digunakan sudah sering terpakai dan bukanlah merupakan kartu perdana.

Demi menghindari masalah ini disarankan untuk mengunduh aplikasi Axis pada perangkat yang digunakan, lalu periksalah sisa kuota secara berkala. Sehingga, perlu diketahui jika ternyata bahwa paket telah digunakan.

2. Pengaturan APN yang Tidak Benar

APN berfungsi sebagai penghubung antara handphone dengan paket internet agar bisa mendukung semua aktivitas yang dilakukan secara online. Jika satu cara mengatasi masalah internet adalah menggunakan APN, maka sudah pasti bahwa APN yang salah berpengaruh terhadap jaringan internet.

3. Terkendala Oleh Sinyal Provider

Paket kuota Axis tidak bisa digunakan bisa jadi disebabkan oleh kondisi sinyal yang sedang buruk saat ini. Sinyal handphone yang tidak stabil atau bahkan menghilang, tentu akan berdampak pada kualitas jaringan internet.

Permasalahan internet bisa terjadi kapan saja, sehingga pengguna perlu mengetahui cara mengatasi paket bronet axis tidak bisa digunakan secara mandiri. Sebab itu, lakukanlah perbaikan sendiri menggunakan tips-tips di atas tanpa harus memerlukan bantuan jasa service handphone.